Dua Anak Cukup Atau Nambah Satu Anak Lagi Ya?

on
Wednesday, 7 December 2016
Salah satu efek memiliki anak di usia 19 tahun adalah, ketika anak-anak udah besar atau 6 tahun kemudian, temen-temen kita baru pada punya bayi dan posting semua foto bayi-bayinya di social media mereka. Dan pertanyaan yang terlintas di benak aku saat itu adalah, haruskah aku punya bayi lagi alias anak ketiga?

Iyap, mama Dian dan Papa Api udah punya dua krucils sekarang, tapi sayangnya udah nggak pada bayi lagi. Umur krucilsnya mama Dian udah lewat dari 5 tahun semua. Udah nggak bisa diuyel-uyel manja lagi, udah nggak bisa dikelitikin keteknya lagi, udah nggak bisa puas-puasin nyiumin tengkuknya lagi. Udah pada gede sih soalnya. Beda kan sama bayi, mau diapain aja diem. Kalo krucilsnya mama Dian kalo diisenginnya keterlaluan kadang suka pada ngambek *emang emaknya rese' soalnyaaa x)*

Pengen ngajakin anak-anaknya temen satu gengs aku playdate, tapi masih pada bayi semua, anak mama Dian pas banget jadi pengasuh alias kakak-kakaknya mereka. Hihi. Dan foto-foto anak bayinya merekalah yang kadang bikin mama Dian agaknya mupeng punya anak lagi. Bayi-bayi itu lucu banget soalnyaaa, bukan bayinya aja yang lucu tapi perlengkapan bayi dan baju bayi jaman sekarang juga lucu-lucu bangeeet. Warna-warni segala rupa dengan motif segala ada. Teether jaman sekarang aja bentuknya jerapah yang lucu banget buat dijadiin properti foto. Hihihii.

Jadi, haruskah mama Dian dan Papa Api punya anak ketiga? Setelah dipikir-pikir kalo aku sih yes jawabannya! :D Tapi nanti, pas anak-anak udah ada masuk SMP aja, alias 8 tahunan lagi kali yaaa. Kenapa nggak sekarang aja sih, biar capeknya sekalian? Karena:

1. Biaya sekolah jaman sekarang, mahal!
Emang pada dasarnya rejeki pasti udah diatur sama Allah ya, dan setiap anak pasti bawa rezekinya masing-masing. Tapi biaya sekolah jaman sekarang emang udah nggak bisa dibuat main-main lagi ya, walaupun SD gratis, tapi TK-nya berasa juga loh x) Belom lagi biaya kuliah mereka nanti yang udah mesti ditabungin dari sekarang. Mari nabung banyak-banyak dululah sekarang untuk duo krucil sebelum dateng krucil nomer 3. Hihi.

2. Memberikan perhatian dan kasih sayang tanpa banyak terbagi
Terbagi dua aja kadang suka berasa repot. Yang satu mau ini, pas yang satunya lagi mau itu. Rasa-rasanya mama Dian pengen jadi amoeba aja dan membelah diri saat itu juga.Apalagi umur-umurnya duo krucil skarang emang lagi pada umur-umurnya butuh perhatian dan kasih sayang yang besar juga ya, dan pendampingan saat mereka belajatr. Kalo ada bayi saat ini, takutnya nanti malah mama Dian makin terbagi lagi perhatiannya. Saat ini mau fokus ke duo krucil dulu aja makanya :)

3. Masih ingin menikmati quality time berdua suami
Ini yang juga sebenarnya nggak kalah penting. Setelah bertahun-tahun mama Dian dan papa Api nggak bisa keluar berdua aja. Akhirnya sekarang udah bisa! Ya walaupun cuma makan sop kambing aja malam hari pas anak-anak udah pada tidur, itu rasanya udah membahagiakan banget. Sekarang pun abang udah berani nginep sendiri di rumah omanya. Quality time berdua suami sesungguhnya adalah hal yang penting juga kan untuk suami-istri? Setelah hampir 5 tahun nggak bisa menikmati hal-hal semacam ini, akhirnya sekarang mulai menikmati masa-masa ala pacaran lagi. Kalo nanti punya bayi, bakal libur lagi kan masa-masa quality time berdua gini?

Jadi kalo ada yang iseng nanya, "Kapan nambah anak lagi?" Dengan mantap mama Dian bakal jawab, "Nantilah 8 tahun lagi, tunggu anak-anak besar dulu.." :) Sekarang ada baiknya memuaskan dahaga akan bayi-bayi lucu dengan main-main sama ponakan dulu. Walaupun nggak puas nguyel-nguyelnya karena bukan anak sendri, tapi kalo nangis tinggal balikin ke emaknya aja kan? Hihihihi. Kalo kamu yang udah nikah juga gimana nih, rencananya mau punya anak berapa sih?
47 comments on "Dua Anak Cukup Atau Nambah Satu Anak Lagi Ya?"
  1. Bener banget Mama Dian kalau pada nanya kok ga nambah lagi?kok ini ko itu?aku suka jawab yo wes biayain tapi yah yang nanya langsung mesem wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, nanyanya pada semangat 45. Kaya mau ikutan bantuin biayain aja yaaa. wkwkwkwk

      Delete
  2. Pertamax! Huhu udah 2 aja masih ditanyain sana sini ya mak. Gegaranya liat Una iqi udah gede ya. Bole juga tu nanti2 nambahnya, kta temen pas kakak2nya udah gede, mamanya msh ada mainan di rumah, hihi. Klo aq wajib cpt2 nih :") asik tampilan baru blognya ya mak, love love love

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaci mak Dew, masih berantakan nih tapiii. Huhuhuuhuu. Mak dew mak harus segera nambah lagi niiih, mumpung masih 1. Hihihihiii. Semoga segera hadir si cantik untuk jadi adiknya Gavin ya maaaak. Hehehee

      Delete
  3. template sama kaya blogku. Gpp sih, namanya jg beli yak. Hahahahaha.
    Hm hm hm... aku cuma mo bilang, yg bilang punya anak aja sekarang dgn jarak deketan supaya capenya sekalian, hmm siapa yg cape? Huahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capeknya memang sekalian. Luar biasa banget tapi ya mak sekaliannyaaaa. Hihihihiii

      Delete
  4. pengnnya nambah 1 lagi tapi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kadang-kadang kita punya alasan yang cuma bisa dipahami sama kita sendiri ya maaak.. Hehehee

      Delete
  5. hihihi liat bayi itu memang bikin pengen hamil lagi. hamil itu ngangenin... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hamil memang lebih menyenangkan ketimbang setelah melahirkan maaaaak x)

      Delete
  6. 2 InshaAllah cukup tapi sementara sepertinya soalnya msh Ada yg balita jd msh bisa di uyel2 heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar nambah laginya abis udah pada gede ya maaak. Hehehee

      Delete
  7. Saya rencana anak kedua pengennya dua tahun lagi, eh malah dikasih lebih cepet. Anak 6 bulan, udah hamil lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiy! Alhamdulillah kalo gitu maaaak. Mudahan-mudahan langsung sepasang ya mak Adeee :D

      Delete
  8. Hihihi.... kalo bukan anak sendiri ituu... kalo pas cakep wangi habis mandi... duuhhhhh diuyel2 deh. Giliran pipis pup nangis langsung dipulangin ke emaknya😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahahaaaa. Setuju bangeeet. Itulah enaknya anak minjem. Kalo udah rusuh bisa dibalikin ke emaknyaaa. Hihihihiii

      Delete
  9. aku sih cupuk dua saja walau laki semau atau perempuan, bukan masalah biaya saja , atpi aku juga mikir bisa bayangkan jmlh penduduk semakin banyak dan itu dan jmlh penduduk makin banyak akan banya mempengaruhi lingkungan mulai dari pembukaan lahan baut perumahan dan dampak sosial lainnya. anak2ku sudah besar dan aku bikin komunitas anak-anak gak mampu jadi aku skrg punya anak banyak yang bisa aku bikin jd pintar dan berakhlak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya Bun kalo setelah itu jadi bisa mengasuh anak-anak yang nggak mampu.. membahagiakan orang lain dan tentunya diri sendiri juga ya Bun.. :)

      Delete
  10. nambah aja lagi mbak, kan nambah anak = nambah rejeki :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuy! Ntar ajaaa, 8 tahunan lagi in shaa Allah. Hehehee

      Delete
  11. Iya bener banget kak, dulu aku sd masih murah banget deh, sekarang mah sd aja udah 10 keatas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa, swasta jakarta paling murah mulai 8-an.. Paling oke bisa 40an. Hikssss. Bisa buat DP rumah itu siiih :'(

      Delete
  12. Menurtku tergantung kesiapan orangtua dan anak ya. Hihii. Kalau siap menghadapi kebahagiaan punya anak, hayuk hayuk ajah. Tapi ntra kalo udah tiga, ditanya untuk empat. Hihhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok nggak abis-abis ya maaak, setelah udah 3 pasti masih ada aja yang nanya kapan nambah lagi yaaaa. x) KZL

      Delete
  13. Mantaff nih infonya mba...harus bisa diskusi dulu nihh nanti sama pasanganya untuk programnya...hehheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya dooonggg. Diiskusikan untuk kebaikan bersama yaaaa. Hehee

      Delete
  14. Yup saya mau nambah momongan tapi, jangan sekarang hehehe, kita puas-puasin ngebolang dulu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, kalo anak udah gede segede Bilqis, udah enak ditinggal ngebolang ya maaaak. Heheheee

      Delete
  15. Waduh mamah dian ini memang mamah yang pintar ya dalam mengatur jangka waktu untuk membuat anak, tapi kalau saya nanti nikah mah ( bentar lagi ) insaallah pengennya 2 tapi mau perempuan dan laki laki jadi sepasang gituh, amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuah si akang baru mau nikah ternyataaa. Mudah-mudahan dilancarkan semuanya ya Kaaaangg. Aaaamiin :D

      Delete
  16. Hmmmm aku blom ngalamin, jadi mau jawab apa yak krik krik krik hahahhaha
    Pengennya sih punya banyak anak, tapi ya lilahitaalaa dikasihnya kapan, or brapanya huahahhaha

    E dian anak ke-3 gapapa kali, asal jangan orang ketiga #wakakkakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus di bold banget ya kalimat paling bawah *efek baca hosip hosip rumah tangga artis yang dilanda orang ketiga* Wuahahahaa

      Delete
  17. baca judulnya aja bikin saya ketawa ketawa sendiri hihihi.

    Mau nambah lagi nggak ya?
    :D

    Tapi kata ibu saya, minimal punya anak 3 aja biar nanti kalau udah jadi nenek dia rumahnya Rame. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betuuul, kalo kumpul lebaran kalo anaknya dua kurang rame maaak. Kalo 3 baru enak kayanyanya ramenyaaa, pas. Hihihii

      Delete
  18. Mbaak, aku sudah pengen banget ada anak :D cannot waiiit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaak, semoga segera diberi ya mbaaaak. Selagi belum diberi dinikmati aja dulu masa-masa pacaran berdua mbaaak, ga akan keulang lagi seumur hidup soalnyaaa. Hihihiii

      Delete
  19. Sepertinya, alasan nambah anak ketiga ini bisa saya kabari ke istri saya mbak, hehee biar mau nambah lagi deh... meski dua atau 3 tahun lagi, tapi jangan sampai delapan tahun lagi deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelamaan ya kang kalo 8 tahun? Hihihiiiii

      Delete
  20. nambahlaa,, klo aku pinginya 3 hee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk nambah yuuukkk, kakaknya duluan ya tapiiii :D

      Delete
  21. dua lebih baik.. hehe

    kalau yang dua udah pada gede jadi nantinya kalau yang ketiga lahir bisa ada yang bantuin ngasuh ya mba. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAH setujuuuuu! Kalo udah pada gede-gede kan bisa bantun ngasuh ya Kaaang. Heheheee

      Delete
  22. Aku baru dua mba, yg kcil masih 7 bulanan. Hmmm sebenernya nomor 2 paling berat klo mnurutku hehe. Yg nomor lainnya masih bisa diusahakan, nomor 2 tuh yaah ampun, apalagi kakaknya klo udah jelesss, kelar deh idup aku hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak aku aja udah 6&5tahun masih suka jelesan maaaak. Tunggu bentar lagi kalo dua-duanya udah bisa debat ribut berantem tarik-tarikan gara-gara mainan maaaak. Dooohh, makin kelar deh idup kitaaa. Wahahaahaaa

      Delete
  23. nambah aja terus teh. haha. makin banyak anak makin bagus, perihal rezeki udah ada yang ngatur :p. kan ada rezeki anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang, inshaaAllah ntar nambahnya 8 tahun lagi ajaaaa. Hihiihii

      Delete
  24. Setiap anak punya rejekinya masing masing, tugas orang tua adalah berusaha semaksimal mungkin.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎

Custom Post Signature

Custom Post  Signature