5 Alasan Memilih Buku "Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW" Sebagai Bacaan yang Tepat Untuk Anak-Anak

15.42.00


5 Alasan Memilih Buku "Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW" - Mengembangkan minat membaca anak tentunya merupakan salah satu tugas orangtua. Membaca memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk anak-anak. Dan memberikan buku bacaan yang tepat kepada anak tentunya menjadi salah satu stimulus untuk meningkatkan minat membaca mereka. Tapi, jangan sembarangan memilih buku cerita ya. Dengan maraknya pornografi yang kini ternyata tersebar dimana-mana dengan target anak-anak kita, tentunya sebagai orangtua sudah sepatutnya kita memilihkan bacaan yang benar-benar tepat dan terbaik untuk anak-anak kita.

Apalagi sebagai seorang muslim, mengenalkan anak-anak kepada nabi dan rasulnya tentunya hal yang wajib untuk dilakukan. Jadi, bacaan tentang kisah-kisah para nabi dan rasul menjadi bacaan yang wajib aku miliki dan aku berikan ke anak-anak aku. Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu aku berkesempatan menghadiri acara peluncuran buku "Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib lainnya" yang ditulis oleh Astri Damayanti, seorang rekan blogger yang kemampuan menulisnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Acara peluncuran buku terbaru Mbak Astri ini bertempat di Gramedia Matraman yang dihadiri oleh rekan blogger dan perwakilan dari MatahariMall.com. Dan yang paling membahagiakannya lagi, semua peserta peluncuran buku yang datang hari itu mendapatkan satu buah buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya secara gratis. 



Pertama liat covernya aja aku udah jatuh cinta, dengan warna yang kalem dan konsep animasi yang menggambarkan kisah nabi Nuh itu langsung ngebuat anak-anak bersemangat untuk membuka segel plastiknya. "Ma, bacain dong maaaa!" Seketika anak-anak langsung kompak minta mamanya bacain buku #KisahHebatMuhammad ini, dan malam itupun buku #KisahHebatMuhammad sukses menjadi pengantar tidur mereka. Apa sih yang ngebuat kita jatuh cinta sama buku cerita dari mbak Astri Damayanti ini?

1.  Sang penulis, Astri Damayanti telah lama berkiprah dalam dunia penulisan buku anak-anak




Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW ini bukan buku pertama sang penulis, karena Mbak Astri Damayanti telah menerbitkan lebih dari 100 buku baik itu buku khusus anak-anak maupun modul untuk pendidikan. Dengan pengalaman menulis berupa karya yang jumlahnya sudah mencapai ratusan itu, di buku Kisah Hebat Muhammad ini kita akan menemukan bahan bacaan yang memang sangat pas untuk anak-anak. Pengalaman menulis mbak Astri Damayanti ini  membuat cerita-cerita yang ditulisnya dalam buku #KisahHebatMuhammad ini sangat menyenangkan dibaca oleh anak-anak.

2. Cerita-ceritanya bersumber dari ayat Qur'an dan Hadist

Sang Penulis, Mbak Astri Damayanti dalam acara peluncuran bukunya yang diadakan bulan lalu, mengatakan bahwa masa editing buku cerita #KisahHebatMuhammad ini memakan waktu lebih lama dibanding masa penulisannya. Hal ini dikarenakan tim editing melakukan kroscek ulang tentang keshahihan hadist-hadist  dan ayat-ayat dalam Al-Qur'an yang digunakan sebagai dasar cerita dalam buku ini.

Setelah melewati proses editing yang cukup lama tentunya kita sebagai pembaca tidak perlu khawatir tentang kebenaran sumber-sumber yang dijadikan cerita di buku #Kisah HebatMuhammad ini. Cerita-cerita dalam buku ini bersumber dari ayat Qur-an dan Hadist yang telah dipasikan kebenarannya. Dan Penulis juga menyertakan ayat  maupun hadist yang dijadikan sumber cerita di setiap akhir cerita dalam buku ini.


3. Cerita-ceritanya simpel dan sangat mudah dicerna anak-anak

Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad ini terdiri dari 266 halaman yang memuat 87 cerita di dalamnya. Satu cerita hanya terbagi dalam 2 hingga 3 halaman. Cerita-cerita yang ada di dalam buku ini didominasi oleh kisah-kisah para Nabi dan Rasul serta kisah-kisah ajaib yang ada pada jaman Nabi dan Khilafah yang dituliskan di Al-Qur'an maupun hadist. Pemilihan bahasanya sangat simpel dan mudah dipahami anak-anak usia 4-6 tahun.


Cerita-cerita yang pendek dalam buku ini membuat kedua anakku tetap mendengarkan cerita yang aku bacakan hingga habis, dengan serius. Bahkan mereka tetap serius mendengarkan hingga kisah yang selanjutnya. Cerita-cerita dalam buku #KisahHebatMuhammad ni dituturkan secara ringan, simpel dan pas sekali untuk dibaca oleh anak-anak.

4. Setiap cerita ditemani dengan ilustrasi yang cantik dan halaman yang berwarna-warni.

Ilustrasi dalam setiap kisahnya merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilihat. Setiap cerita selalu ditemani dengan beberapa ilustrasi yang menggambarkan kejadian dalam cerita tersebut. Dan ketika aku memperhatikan dengan lebih teliti ternyata buku #KisahHebatMuhammad ini memiliki lebuh dari 3 gaya ilustrasi yang digambarkan dalam buku ini. Pembaca akan menemui berbagai macam gaya gambar ilustrasi yang berbeda di dalam buku ini.


Begitupun dengan halamannya yang warna-warni. Tentu saja warna-warni halaman dan ilustrasi tersebut sangat menarik perhatian anak-anak kepada kisah yang diceritakan di dalam buku ini, dan membuat mereka betah menekuni setiap halaman-halaman di buku ini dengan kisah yang tersedia dan imajinasi mereka masing-masing.

5. Buku #KisahHebatMuhammad ini memberikan hikmah dan contoh suri tauladan yang baik untuk anak-anak 



Salah satu kisah yang paling berkesan dalam pikiran anak aku, Luna adalah kisah yang berjudul keluarga yang lapar. Kisah ini tentu tidak terlalu asing lagi untuk para pembaca. Yaitu kisah menganai seorang ibu yang memasak batu di dalam tungku untuk menghibur anak-anaknya yang kelaparan dan membuat mereka berpikir seolah-seolah sang ibu memiliki makanan untuk mereka makan.

Kisah yang terjadi pada jaman Khalifah Umar bin Khattab ini awalnya membuat Luna bingung dan terus bertanya-tanya tentang batu yang dimasak sang ibu. "Emang batu bisa dimakan ma? Kok mamanya masak batu? Emang kita boleh makan batu?"

Hal itu tentu saja langsung aku jadikan momen untuk membuat Luna mensyukuri apa yang telah ia miliki saat ini. "Enggak Kak, itu mamanya nggak punya makanan. Anak-anaknya pada kelaperan, mamanya pura-pura masak batu biar anak-anaknya nggak sedih karena mereka kelaperan.. Makanya Kakak harus bersyukurnya, jangan suka buang-buang makanan juga, lihat tuh kasian anak-anaknya ibu ini kelaperan nggak punya makanan tapi kakak malah suka buang-buang makanan dan nggak ngabisin makanan kakak.." Saat itu Luna hanya terdiam dan mengangguk pelan.

Dan banyak lagi kisah lainnya yang dapat aku jadikan hikmah dan diambil contoh suri tauladannya untuk kedua anakku. 86 kisah lainnya tentunya mempunya pelajaran yang dapat dipetik oleh anak-anak-anak kita beserta ilustrasi yang mebuat mereka betah memandangi buku ini lama-lama. Untuk para orangtua yang sedang mencari bacaan yang tepat untuk anak-anaknya, aku pikir buku ini cocok sekali untuk mereka. Yuk hadirkan bacaan yang bermanfaat dan sarat akan nilai-nilai suri tauladan para nabi dan rasul kita, agar anak-anak kita semakin dekat dan mencintai mereka :)

★★★★★★★★★ 9 dari 10 bintang untuk buku Kisah Hebat Nabi Muhammad dan Kisah Ajaib Lainnya oleh Astri Damayanti


Kisah Hebat Nabi Muhammad dan Kisah Ajaib Lainnya
Penulis: Astri Damayanti
Penerbit : QIBLA - Penerbit Buana Ilmu Populer
Banyak halaman : 266 hal
Harga : Rp. 115.000,-
Tersedia di : Toko Buku terdekat dan online store.



Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad bisa dibeli di MatahariMall.com

You Might Also Like

8 komentar

  1. Semoga menang y mba, saya pengen beli tapi nungguin mba bikin GA sapatau mau ngasih ni buku wkwkwk #ga mau modal :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung colek-colek Mbak Astri kalo gituuu. Hihiihiii

      Hapus
  2. Anakku yg bayi juga suka lihat2 ilustrasinya. Adanya buku cerita Islami gini bikin orang tua tenang. Ga khawatir isinya aneh2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju Maaaaak, ilustrasinya bagus-bagus yaaaa :D

      Hapus
  3. Hai kak astri, sudah lama sekali kita ngak bersua :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. *langsung manggil mbak Astri* Mbak Astriii dapet salam dari Maz Cumi niiihhh :D

      Hapus
  4. Hai cumi .. kangen diriku ya ... anyway thanks ya reviewnya mak Adriana dian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mak Astriii, aku tunggu buku #HikayatPutri nya yaaaa :D Semoga dapet kesempatan lagi menghadiri launchingnyaaa. Aaaaamiinn :)

      Hapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎