Setahun di TK Aisyiyah 49

20.49.00

Assalamu'alaikum :)
Hola Blogpals!

Walaupun sudah setahun berlalu sejak Luna sekolah di TK Aisyiyah 49, tapi mama Dian tetap mau cerita tentang minggu pertama Luna masuk ke kelas A TK Aisyiyah 49. Jadi setelah ambil seragam disekolah, yang sedihnya seragamnya kebesaran semua karena ukurannya Luna sudah habis persediannya. Yauda deh, jadinya ya dikecilin dulu aja ke tukang jahit terdekat. Daaaan hari Seninnya Luna langsung mulai hari pertamanya sekolah.

Sayang sekali waktu itu Abang lagi demam, jadinya mama Dian ngga bisa anter apalagi tungguin kakak sekolah :'( Papa Api malah bilang, "Yaudalah gapapa, anaknya ditinggal aja. Biar mandiri juga kan.."Akhirnya dengan berat hati mama Dian melepaskan Una sekolah di hari pertamanya sendiri. Huhu. Maaf ya kakak.. Tugas anter sekolah mulai saat itu fix jadi tugasnya Papa Api. Papa Api malah cerita kalo pas sampe sekolah, Luna malah semangat banget masuknya. Abis salim dan dadah dadah sama papa Api, Luna langsung lari ke dalem sekolah dan ngga nengok-nengok papa Api lagi. Hihi. Kakak Una hebat, i'm a proud mom! :') 

Hari pertama Una sekolah daaaan Abang demam. 



Seragam hari Senin TK Aisyiyah 49

Seragam hari Selasa.
Hari kedua sekolah. Masih semangat padahal ini juga mulai anget badannya,
ketularan Abang :')

Hari kedua sekolah pun gitu, anaknya semangat 45 masuk sekolah. Kata Papa Api kaka sampe lupa salim dan dadah-dadah dulu sama papa Api, saking semangatnya masuk ke kelas. Hari ketiga keempat kelima sekolah, Una terpaksa istirahat dirumah karena badannya juga anget ketularan adiknya :')

 awal-awal sekolah Una sama sekali ngga ada drama. Tapi sekitar dua minggu setelahnya, baru drama dimulai. Mendadak anaknya ngga mood berangkat sekolah. Berangkat sekolah dengan muka yang cemberut. Nggak mau sekolah, maunya dirumah aja. Tapi tetep akhirnya berangkat sekolah, walaupun ternyata sampe sekolah sempet nangis meneteskan airmata (Alhamdulillahnya nangisnya ngga teriak-teriak, malu kali ya karena banyak temennya disekolah. Hihi) Tapi alhamdulillah lagi, Bu Gurunya langsung cepet bertindak, Luna langsung diajak ke ruangan guru terus diputerin lagu Let It Go nya Frozen yang waktu iu lagi hitz banget. Daaaannn anaknya berenti deh nangisnya malah dancing ala-ala Princess Elsa katanya. Terima kasih ibu-ibu Guru TK Aisyiyah 49 :') Mama Dian juga waktu itu nggak tau Una nangis disekolah, karena mama Dian nggak anter dan nggak nungguin. Dikasihtaunya baru pas pulang sekolah, dan anaknya mukanya udah ceria lagi. Hehe. First impressionnya mama Dian tentag TK Aisyiyah 49 ini, ibu-ibu gurunya bener-bener bisa handle anak-anak muridnya :)

Daaaan, kegiatan luar sekolah apa aja sih yang ada selama Luna setahun sekolah disana? Alhamdulillah menurut aku sendiri lumayan cukup banyak ya. Di awal tahun ajaran, ada MarketDay ke Carrefour (Yang kebetulan Luna nggak ikut karena Luna baru masuk sehari setelah MarketDay itu. Uhuhu). Di pertengahan tahun ada Tour MAndiri ke Kidzania, yang sebenernya karena ini judulnya Tour Mandiri, anak-anak TK A dan TK B, ngga boleh ditemani sama orangtuanya. Dan orangtuanya memang sebenernya tidak disarankan untuk ikut, tapi yaaaaahhh namanya juga ibu-ibu ya, selain karena alasan utamanya mama dian ngga tega ngelepasin Una sendirian pergi jauh-jauh (Padahal mah ngga jauh-jauh amat :D) mama Dian juga penasaran pengen liat dan foto-foto Una di Kidzania. Hihihiii. Jadi yaudah waktu itu akhirnya mama Dian dan serombongan bu-ibu yang lain, berangkat sendiri ke Kidzania, nyusulin anak-anaknya yang berangkat duluan pake bis khusus dari sekolah. Hehe.

Luna at Kidzania

Setelah pertengahan tahun ajaran juga ada Lomba IGABA (Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal) se-Jakarta di Keong Emas TMII, disini Luna ikut lomba olahraga, yaitu mengumpulkan bola. Dan Alhamdulillah Luna dapet piala pertamanya disini, walaupun cuma juara harapan III yaa. Hihi. Kemudian Puncak Tema di pertengahan semester dua, ada Cooking Class di dapur McD Arion. Dan setiap bulannya ada homevisit kerumah masing-masing anak, untuk mengajarkan mereka adab bertamu. Lumayan banyak kan kegiatan luar sekolahnya? Kalo kegiatan dalam kelasnya mulai jam setengah 8 - jam 10, anak-anak belajar di kelas masing-masing untuk pendalaman akhlak dan pengenalan huruf angka, setelah itu jam 10-11 dimulai rolling class dengan pembagian kelas menjadi beberapa sentra, yaitu sentra balok, sentra bahasa alam sains, sentra seni dan sentra persiapan. 

Di akhir tahun ajaran, pas pembagian rapot. Mama Dian yang dulunya super sok tau tentang pendidikan anak-anak ini, jadi merasa mendapat pencerahan dari hasil rapotnya Luna. Ternyata Luna, yang di umurnya baru 4 tahun saat masuk TK A ini, memiliki perbedaan yang cukup keliatan dibanding sama teman-teman sekelasnya yang rata-rata umurnya 5 tahun. Dari kecepatan berpikir, konsentarsinya dan motoriknya, Luna ini agak ketinggalan kalo dibanding sama teman-teman sekelasnya (Pun dari besar badannya aja sebenernya juga udah keliatan beda sih. ihihi). Jadi seharusnya memang Luna ini masuknya ke Playgroup dulu, tapi karena mama dian maksain masukin Luna ke TK A yasudalah, selain nanti saat lulus TK umur untuk masuk ke SD negerinya masih kurang setahun, jugaaa kemampuan motoriknya masih kurang kalo dibandingkan teman-teman sekelasnya. Apalagi sekarang, di TK B dimana anak-anakanya udah mulai diajarain baca, Luna cukup ketinggalan dibanding sama temen-temennya, alhamdulillah ibu gurunya Luna di TK B ini sabar banget, mama Dian sendiri sampe bilang ke Bu Riska untuk ngajarin Una pelan-pelan aja, ngga apa-apa kalo emang Una ketinggalan jauh sama temen-temennya, ngga apa-apa kalo emang satu halaman harus diulang seminggu biar anaknya ngerti :') Karena memang rencananya mama Dian masukin Una SD di umur 6,5 tahun yang berarti Luna bakal mengulang setahun lagi TK B-nya :')

Setahun di TK Aisyiyah 49, walaupun gedungnya ngga terlalu besar, tapi mama Dian sebagai orangtua murid puas kok menyekolahkan Luna di TK Aisyiyah 49 ini. Hapalan suratnya dan hapalan hadist Una sekarang sudah alhamdulillah lumayan banyak. Gerakan sholat alhamdulillah sudah lancar, sholatnya juga udah serius, nengok kanan-kiri paling sesekali aja. Ehehe. Guru-guru dan kepala sekolahnya pun super ramah dan super baik hati juga. Hihi. Dan salah satu hal yang paling mama Dian suka juga yaitu guru-gurunya sama sekali ngga memberikan beban PR untuk murid-muridnya. Karena TK itu sesungguhnya memang tempat untuk bermain dan belajar bersosialisasi ya serta untuk memperdalam akhlak mereka. Jadi pelajaran memang seharusnya nggak jadi beban untuk mereka.

Setahun di TK Aisyiyah juga ngebuat mama Dian sadar sebagai orangtua, kalo anak bukan ajang kompetisi, bukan benda untuk dipamer-pamerkan di depan orang banyak. Dibanding dengan kebanggan orangtua dalam melihat anaknya hebat di segala hal, ada baiknya juga kita sebagai orangtua mempertimbangkan kemampuan dan kenyamanan anak kita sendiri. Pemerintah bahkan menetapkan umur 7 tahun sebagai batas umur untuk masuk ke SD Negeri, tentunya dengan maksud dan tujuan tertentu. Seperti yang dipaparkan salah satu blogger favorit aku Fifi Alvianto di blognya the-alvianto.com, berikut ini:

untuk postingan lengkapnya bisa dibaca langsung di sini.

Mama Dian dan Papa api pun akhirnya setuju untuk mengulang lagi TK Luna setahun, agar Lulus dan masuk SDnya nanti di umur 7 tahun kurang. Memang ada beberapa SD swasta yang menerima murid di umur 6 tahun. Tapi setelah baca sana-sini dan tanya pendapat ibu mertua yang merupakan pengajar juga. Memang lebih baik memasukan anak SD itu di umur 7 tahun. Karena di tahun itu otak anak sudah siap untuk mulai membaca dan berhitung. Mentalnya pun sudah siap untuk dilatih disiplin dengan rutinitas sekolah dan PR. Say no to "Makin muda masukin anak ke SD, berarti makin pinter anaknya." Karena sesungguhnya otak anak memiliki waktu kesiapan sendiri menghadapi rumitnya pelajaran sekolah nanti :) Jadi sampe disini dulu postingan kali ini tentang TK Aisyiyah 49. Semoga bermanfaat untuk pembacanya. Aaaamin. 

Thank you for walking here!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎