"Let Me Be Your Inspiration" by Adriana Dian on Cosmogirl! Januari 2013

12.20.00

Hola Hola 
Assalamu'alaikum..

It is 2013 now! Subhanallah, Alhamdulillah :) Sampe juga kita semua disini yah. Hihi. Berjumpa juga di postingan baru setelah hampir sebulan nggak posting :) Yak, mari langsung saja, postingan kali ini adalah tentang *EHEM!*

"Let Me Be Your Inspiration"



Cerpen pertama saya yang dimuat di sebuah majalah remaja nasional yaitu Cosmogirl! Indonesia.
Ceritanya tentang Joanna, seorang murid SMA yang bertekad untuk jadi inspirasi yang baik untuk orang lain.

Udah dari beberapa bulan yang lalu niat banget ngirim cerpen ke salah satu media cetak, untuk mengukuhkan diri sebagai penulis. Mendadak majalah kesayangan dari jaman SMP dulu, Cosmogirl! bikin pengumuman kalo CG! nerima cerpen dari pembacanya. Waaaah banget kaaan!!! FYI, sebelom buka kesempatan ini, dulu cerpen CG! dipegang sama Sitta Karina, salah satu penulis favorit aku juga! Cerpen-cerpen CG! jadi berciri khas Sitta Karina, simple dan ngena banget ceritanya. Mungkin karena udah langganan CG! dari lama, jadinya aku apal banget-banget gaya penulisan dan selera cerpen nya CG! :) Karena itulah begitu baca pengumuman ini, langsung deh diniatin dan ditekadin buat nulis cerpen dan ngirimin ke CG! Sesuai Campaign CG! bulan ini "Dare to Inspire". Aku langsung nyari ide di sekitar kata inspirasi dan akhirnya dapetlah ide cerita ini. 


Informasi dan tips penulisan:
Satu hal yang paling penting dalam penulisan cerita adalah, setelah menemukan ide awal, kamu harus langsung cari ide untuk endingnya. Naaah, baru abis itu cari konflik di tengah-tengahnya :) Itu semua untuk memudahkan penulisan kamu nanti. 

Proses penulisannya kalo nggak salah sekitar 1 bulanan, karena aku juga nggak punya waktu tetap untuk nulis mantengin komputer. Jadi pas ada waktu senggang aku ngetik cerita ini di memo BB dan setelah selesai beberapa part baru aku kirim ke email, dan nextnya pas ada senggang aku edit di word. :) Untuk majalah CG! cerpen yang dikirim harus berfont 12, A4 dan berjumlah 6 halaman aja. Karena waktu itu aku ngetiknya di memo handphone, aku jadi nggak sadar kalo jumlah halamannya udah lebih dari 6, malah 8 halaman. Tapi mau di potong-potong juga bingung, akhirnya aku rapiin aja dan tetep aku kirim 8 halaman itu.

Kalo ngga salah awal desember aku langsung email ke CG! Aku email tengah malem dan ternyata tanpa disangka-sangaka, keesokan sorenya udah dibales pemberitahuan kalo cerpen aku mau dimuat. Itu rasanya yaaaaaaaaa!!!! Seneng bangtet! :")

Aku inget banget malah waktu baca email dari CG! sampe nangis dan meluk Kaka Una :') Coz its so dream come true! :") Alhamdulillah!

Tapi sayang sekali, karena terlalu panjang, cerpen aku harus dipotong sampe jadi 6 halaman yang berarti harus dipotong dua halaman. Ternyata susah loh motong cerita yang udah fix itu, bingung dimana motongnya, takut bikin jumping cerita. Akhirnya jalan keluarnya adalah aku nulis paragraf baru yang lebih simple dan memotong beberapa pararaf sekaligus. Cerpen ini sempet dua kali revisi pemotongan cerota sebelum akhirnya duduk manis di halaman yang disediakan. Alhamdulillah ya Allah.. :')

Here it is, my first short fiction ! :')



Let Me Be Your Inspiration Quote:

"Menjadi Inspirasi nggak melulu melakukan sebuah hal yang beda, 
but you must do something positive first. 
And don't forget to just be yourself!"


Cerpen ini bisa dibaca langsung di Cosmogirl Januari ini, ayo beli! Ada hadiah agenda tahunannya juga loh *sesuatu yang ditunggu tunggu banget waktu masih sekolah dulu :p* Dan tentang honoriumnya, aku belom tau jelasnya berapa, tapi dikirimnya kira-kira satu bulan sejak pemuatan. :)

Alhamdulillah, menjadi penulis adalah cita-cta aku sejak SD, dan akhirnya kesampaian juga sekarang di saat usia 21 tahun dan sudah beranak dua :p Buat aku ini adlah suatu pencapaian yang besar, besar banget! It so huge guys, HUGE! :')

Masih ada satu karya aku lagi sebenernya, yang masih dalam proses editing. Satu cerpen yang tergabung dengan cerpen 9 penulis lainnya yang akan diterbitkan di sebuah omnibook yang insyaallah tahun ini bisa didapatkan di toko buku kesayangan kamu :)) Dan aku insyaallah nggak akan berenti disini, target selanjutnya masih membuat cerpen untuk bisa diterbitkan di beberapa media cetak di indonesia. Nextnya insyaallah novel aku sendiri. Doakan yaaaaa!!!!

Inilah satu kebahagiaan terbesar di awal tahun. Alhamdulillah ya Allah.. :')
Terima kasih untuk suami tersayang, Hepri Prasetio yang selalu support dalam diamnya :p Buat derainbow yang selalu percaya aku bisa jadi penulis, thanks guys!! :') Buat keluarga semua yang udah support, dukung dan ngasih selamat serta buat yang udah beli majalahnya dan baca cerpen ini. Aku ucapin terima kasih banyak yaaaaaa! :")

Ayo semua, wujudkan mimpimu yang belom terwujud, nggak ada kata nggak bisa karena nggak ada hal yang mungkin di dunia ini! :)
Dont forget to make your self "high" but keep your heart "down". Stay down to earth atas segala kesuksesan yang udah tercapai. Karena semua itu nggak akan terjadi begitu aja jika tanpa seizin Allah :")

Thank you for walking here blogpals!
Semoga postingan ini bermanfaat yaaa
Dont forget to leave our bloglink in comment box,
so i can walking to your blog too!
Thank you everyone :')
Wassalam.

You Might Also Like

12 komentar

  1. whahahaha, seneng loh baca ini dari kamu.. selamat ya.. aku pernah beberapa kali ngirim ke CG tapi g pernah masuk.. ihiy, seneng dengernya.. :)

    BalasHapus
  2. Halo Nizaaa!
    Terima kasih yaaa :')
    Aku juga nggak nyangka dapet jawaban pemuatan secepet itu,
    aku sempet mikir apa jangan-jangan nggak ada cerita lain ya selain cerita aku. ehehee
    Coba niza cari ide ceritanya sekitar kata inspirasi, kan sesuai niz sama campaignnya CG! hehe
    Semangat terus ya penulissss!
    Sekali lagi terima kasih ya niiiizz :')

    BalasHapus
  3. Hahahaha, iya.. sekarang jg lagi semangat2nya nulis kok.. *nulis skripsi* hahahaha :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat Nizaaaa!
      Udah selesai belom skripsinya? udah sidang dan wisuda juga ya pastiii?
      Selamat menempuh dunia baru ya nizaaaaa.
      Wehehehee.
      Semangaaaaatttt! (,")9

      Hapus
  4. kereenn, pengen juga dong cerpennya dimuat u,u hehehe.
    ohya ka, mau nanya, kalau ngirim ke majalah CG! ini ngirimnya lewat email atau gimana? mohon bantuannya yaaa :D
    yustieamanda@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Yustiieee :D
      Eheheheee.
      Yaudah, aku kasitau kamu via email aja ya, biar lebih jelas, ngejelasin disini panjang lebar sekaliii.
      Eheheee.
      Tunggu email aku yaaa :))

      Hapus
  5. haloo, gimana caranya ngirim ke majalah cosmo girl?
    email kemana dan ketentuannya gimana
    mohon bantuannya ya . thanks a lot :)
    p.felita@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Pamela!
      Sudah aku balas via email yaa :)

      Hapus
  6. Angeline Fanardy12 April 2016 09.09

    halo kak, boleh tanya untuk masukin cerpen ke cosmo bisa kirim kemana?
    boleh di reply ke email aku
    angel.fanardy@gmail.com
    cerita kakak sangat inspiratif, semoga cerpenku juga bisa masuk CG ya kak hihihi
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Angelina, mohon maaf banget baru baca commentnya. Sip, segera aku kirim via email yaaaa :)

      Hapus
  7. Mbak Adriana, boleh minta info tentang alamat email cosmo girlnya? redaksi@cosmogirl.co.id kah mbak? terima kasih :)

    BalasHapus
  8. Googling CosmoGIRL! dan akhirnya sampai ke blog ini. Selamat ya, Dian. Terima kasih sudah baca karya saya--dan tentunya sukses untuk kiprahmu juga 😊

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎