What's inside "Breaking Dawn" by Stephenie Meyer?

14.29.00


Breaking Dawn adalah novel terakhir dari rangkain novel Twilight Saga karya Stephanie Meyer. Siapa yang tidak kenal dengan Twilight Saga? Bukan hanya novelnya yang laris dan menjadi bestseller international, tetapi film yang diangkat dari novelnya pun menjadi box office dan telah melahirkan segenap idola-idola baru di dalam dunia perfilman international.

Twilight Saga novel terdiri dari empat judul, yaitu Twilight, New Moon, Eclipse dan Breaking Dawn. Tema percintaan yang tidak biasa adalah tema yang diusung oleh Stephanie Meyer di dalam novel ini. Dalam Twilight, kita diperkenalkan oleh tokoh utama dalam novel ini, yaitu Isabella Swan atau Bella yang baru saja pindah ke Forks untuk tinggal bersama ayahnya. Di sekolah barunya ia bertemu dengan Edward Cullen, seorang cowok misterius yang suka menyendiri dan tak pernah berhenti memperhatikan dirinya dari jauh. Dan di kota ini pula Bella bertemu lagi dengan Jacob Black, seorang pemuda indian yang sejak kecil telah berteman dengannya. Dan disinilah kisah cinta seorang anak manusia dan seorang vampir dimulai. 

Dalam New Moon dan Eclipse kisah cinta Bella dan Edward diuji, oleh Jacob Black seorang pria indian yang dulu menjadi teman masa kecil Bella. Di dalam Eclipse, pembaca dibuat bingung dan kesal oleh ketetapan hati Bella yang terkesan plin-plan dalam menentukan pilihan hatinya. Kehangatan Jacob membuat kita gemas dan turut bimbang. Dan kesabaran hati Edward membuat kita tak bisa menolak untuk turut luluh dalam cintanya. Hingga akhirnya Bella berhenti untuk bersikap plin-plan dan memutuskan untuk terus bersama Edward Cullen walaupun itu sangat membahayakan dirinya sendiri. Namun jika cinta sudah bicara, tak ada lagi yang bisa dilakukan bukan? ;) (Dan oh Bella, pilihanmu sungguh-sungguh tepat! Ihihi).

Dan dari sanalah cerita Twiliht Saga yang terakhir, Breaking Dawn dimulai...



Bella memutuskan untuk menikahi Edward. Walaupun keputusan itu menyakiti hati Jacob dan akan membuat Bella berubah menjadi vampir. Bulan madu mereka di Pulau Esme dijalani ketika Bella masih menjadi manusia, dan hal itu ternyata menjadi masalah. Karena akhirnya Bella harus lebih cepat mengakhiri bulan madunya dengan Edward karena ia mengadung sebuah makhluk yang tak jelas apakah itu vampir atau manusia. Namun Edward tampaknya bisa melihat bahwa janin itu tumbuh dengan cepat dan bisa membunuh bella nantinya. Mereka pun terpaksa pulang untuk mengeluarkan janin itu, tapi sesampainya di Forks justru Bella bekerjasama dengan Rosalie untuk melindungi bayi itu. Jacob pun datang untuk membujuk Bella supaya ia mau membuang janin itu, tapi Bella tetap bersikeras dengan pendiriannya. Janin itu sungguh berbeda dan kuat, semakin ia besar, maka semakin ia mengambil semua darah dan nutrisi dari tubuh Bella. Dan semakin lama Bella pun terlihat semakin kurus dan tak berdaya.

Sementara itu terjadi perpecahan dalam kelompok werewolf. SAm menginginkan makhluk di dalam janin Bella itu dibunuh karena ia takut makhluk itu akan membahayakan oran-orang disekitarnya nanti. NAmun JAcob tidak menyetujui hal itu, mereka pin berselisih. Hingga akhirnya Jacob yang diikuti oleh Seth dan Leah memilih untuk meisahkan diri dengan kelompok Sam. Mereka bertiga bergantian menjaga kediaman keluarga Cullen, karena serangan dari kelompok Sam bisa terjadi kapan saja.

Dan sebuah insiden kecil terjadi, Bella yanghendak mengambil gelasnya yang jatuh tiba-tiba merasakan kesakitan yan teramat sangat pada perutnya. Ya! Bayinya akan lahir. Sayangnya saat itu Carlisle sedang berburu, dan Edward harus menghadapi persalinan Bella sendiri. Dibantu oleh Jacob, Edward pun melakukan proses persalinan yang sangat menegangkan itu. Ia terpaksa harus mengoyak perut Bella dengan giginya agar bayi itu bisa keluar. Akhirnya bayi itu pun terselamatkan, Bella sempat melihat anaknya sebelum ia menjadi tak sadarkan diri. Edward pun melakukan langkah cepat, ia menyuntikkan racun vampirnya yang telah ia siapkan ke jantung Bella. Tak ada yang tau pasti bagaimana keadaan Bella yang sebenarnya. Yang bisa dilakukan hanya menunggu.

Sementara itu rosalie yang tengah menggendong Renesmee menemukan bahwa ia bukanlah bayi biasa, ia memiliki jantung yang berdetak, serta bakat khusus. Renesmee mampu menyampaikan apa yang ia rasakan hanya lewat sentuhan tangannya. Renesmee adalah makhluk setengah manusia dan setengah vampir yang sungguh ajaib! Lain halnya dengan Jacob yang mengira bahwa Bella telah meninggal. Ia berniat untuk membunuh bayi Bella dengan tangannya sendiri. Namun hal tak diduga justru terjadi saat Jacob melihat mata Renesmee yang sangat mirip dengan Bella, ia jatuh cinta, dan bayi itu adalah imprintnya.

Tibalah saatnya Bella bangun. Ketika semua cemas akan nafsu dahaga akan darah pada vampir yang baru pertama lahir, yaitu Bella. Namun Bella justru mengagetkan semuanya karena saat ia bangun hal pertama yang dia ingat adalah edward dan Renesmee anaknya. Sebelum menemui Renesmee, Bella diharuskhan berburu oleh edward untu menuntaskan dahaganya akan darah. Dan saat berburu inilah, Bella sekaligus mencoba kekuatan barunya sebagai vampir.  Selesai berburu, akhirnya Bella pun diijinkan menemui Renesmee. Dan disanalah terjadi keributan kecil, Bella melukai Seth yang melindungi Jacob saat Bella menerjangnya, bagitu ia tau bahwa Jacob telah mengimprint Renesmee, anaknya!

Sejak saat itu Jacob selalu setia menemani Renesmee yang telah tumbuh besar secara cepat itu kemana saja. Hingga pada suatu hari, Irina memergoki Renesmee, Jacob dan Bella yang sedang berburu bersama. Irina yang mempunyai dendam kepada werewolf, serta mengira bahwa Renesmee adalah anak immortal dan akan berbahaya untuk rasnya kelak, melaporkan keberadaannya pada keluarga Volturi.

Selanjutnya Alice yang mempunyai penglihatan masa depan, melihat sebuah hal yang mengerikan. Ia memberitahukan kepada seluruh anggota keluarga bahwa Keluarga Volturi beserta seluruh istri dan pengawalnya akan datang dan mengadili mereka. Mereka semua pun dilanda ketakutan besar karena keluarga volturi tidak akan datang sebanyak itu jika tanpa maksud untuk memusnahkan. Dan kejutan menyedihkan lainnya adalah Jasper dan Alice yang secara tiba-tiba meninggalkan mereka begitu saja, dan keluarga Cullen yang lain mengira bahwa mereka berdua mencoba menyelamatkan diri dari keluarga Volturi. Namun keluarga cullen tidak menyerah begitu saja, mereka pun mengumpulkan seluruh vampir  yang mereka kenal di dunia, untuk membantu mereka malakukan pembelaan kepada keluarga Volturi.

Semua keluarga pun menyebar untuk memanggil sebanyak mungkin vampir yang mereka kenal. Dan sejak saat itu kediaman Cullen menjadi tempat berkumpulnya vampir-vampir dari berbagai daerah, dan banyak diantara meeka vampir baru yang memiliki bakat khusus. Seperti Zafrina yang bisa memberikan ilusi dan Benjamin yang bisa mengendalikan empat elemen bumi. Mereka semua diminta menjadi saksi bahwa Renesmee bukanlah anak imortal yang berbahaya. Mereka semua awalnya kaget ketika melihat renesmee, namun setelah melakukan pendekatan, vampir-vampir itu pun mendadak jatuh cinta dengan keajaiban kecil itu, Renesmee. Dan ketika itu juga ternyata seorang vampir lainnya, Eleazar dari Klan Denali. Menyadari bahwa Bella memiliki bakat Perisai dalam dirinya. 

Hari yang diramalkan Alice pun akhirnya tiba, iring-iringan keluarga Volturi akhirnya berhadapan dengan keluarga Cullen dan vampir pendukungnya. Saat itulah adalah saat paling menegangkan karena tak akan ada yang mengetahui apa yang akan terjadi saat itu. Apakah keluarga volturi mau mendengar penjelasan merka mengenai Renesmee? Apakah keluarga volturi akan memusnahkan mereka semua? Apakah kekuatan Bella bisa melindungi mereka semua? Apakah Alice akan kembali? Dan apakah mereka semua bisa selamat dari pengadilan keluarga Volturi ini?

*****

Selanjutnya berikut ini adalah sedikit fakta menarik tentang Breaking Dawn novel ini.
So lets start to read this!


1. The Book
Breaking Dawan adalah novel tertebal dan terberat dari novel twilight saga yang lain. Dengan jumlah hampir 900 halaman, novel ini akan membuat orang-orang disekitarnya berpikir "Hei, lagi baca kamus ya?" Hihi. Tapi, jumlah halaman yang disajikan, dan beratnya novel ini benar-benar sungguh setimpal dengan isi ceritanya yang menakjubkan! :)

2. The Cover


Dari pertama beli, kepikiran aja gitu. Itu sebenernya, siluet yang dicover, siluet siapa ya? Naaaah, baru kemarin pas bikin resensi ini, saya baru menyadari kalo sepertinya sih ya... Pemilik dari siluet tersebut adalah Bella yang sedang menggendong Nessie di sebuah hari yang temaram, tapi ia sudah bersiap untuk menghadapi matahari yang baru :) *Correct me if i'm wrong yaaa. Hihi* Loove the indonesian cover version so much :*

3. The Story
Novel terakhir dari rangkaian twilight saga ini sebenernya cukup berbeda dari saudara-saudaranya yaaa, Karena cuma di novel ini kita bisa melihat ceritanya dari sudut pandang Jacob. Yap! Di buku ini Mrs. Meyer membagi ceritanya menjadi tiga bagian, salah satunya dari sudut pandang Jacob Black.

Masa kanak-kanan bukan karena dilahirkn bagi usia tertentu
dan pada usia tertentu anak bertumbuh
 dan meninggalkan hal-hal kekenak-kanakan.
Masa kanak-kanak serupa kerajaan
dimana tak ada yang meninggal.

Edna St. Vincent Millay

Di bagian pendahuluan cerita, kita akan dihadapkan pada kegalauan di hati Bella. Kegalauan tentang kematian yang akan ia hadapi ketika ia akan dirubah menjadi vampir oleh orang yang begitu ia cintai. Di bagian pertama, yang sangat berbeda sekali dengan filmnya ini. Kita akan disuguhkan cerita menarik tentang Bella yang menjadi pusat perhatian karena mobil barunya yang dihadiahkan oleh Edward. Edward menghadiahkan Bella sebuah mobil keluaran terbaru Mercedes Guardians yang anti bom dan peluru untuk melindungi Bella dari hal-hal yang tak terduga. Walaupun ternyata hal itu sumgguh membuat Bella sebal, karena menurutnya itu adalah sesuatu yang teramat sangat berlebihan! (Oh Edward, cewek mana yang nggak melted kalo kamu kasi perhatian sebanyak itu. Kalo Bella menolak, aku mau kok :') *Oke go back to real life!* dan ending dari cerita ini adalah ketika Bella mengetahui bahwa dirinya hamil, dan dia harus kembali ke forks!


Namun sejujurnya,
akal sehat dan cinta nyaris tak berjalan seiring belakangan ini.

William Shakespeare
A Midsummer Night's Dream
Act III, Scene i

Bagian kedua, Mrs. Meyer menyebutnya sebagai Buku Kedua. Disini diceritakan tentang perasaan-perasaan Jacob sesudah Bella menikah. Dan ketika ia mengetahui bahwa Bella mengandung sebuah makhluk yang belum teridentifikasi di dalam perutnya. Terdapat sebuah pergulatan batin hebat yang bisa kita rasakan disini, yaitu ketika Jacob berselisih paham dengan Sam yang menginginkan untuk membunuh Bella karena makhluk yang dikandungnya. Hingga akhirnya mereka bertengkar, dan Jacob memilih untuk meninggalkan kawanan itu. Menurut pendapat aku sendiri, agak suram ya bagian yang ini, karena Stephanie Meyer bener-bener ngebawa kita mengetahui bagaimana hancur dan sakitnya perasaan Jacob saat itu. Terutama saat ia mengetahui bahwa Bella mengandung makhluk yang belum diketahui dan itu bisa membahayakan nyawa Bella sendiri. Serta ketika ia menyangka bahwa Bella telah mati setelah melahirkan Nessie. Bener-bener berasa banget gimana sakitnya dan sedihnya Jacob saat itu. It's totally different with the movie. I named it, the power of words! :') Oh Jacob, rasanya mau pukpuk Jacob terus waktu baca bagian yang ini :') Dan buku kedua diakhiri dengan cerita ketika pertama kali Jacob melihat Nessie dan lansung jatuh cinta padanya! How lovely this part :')

"Semua ikatan yang mengikatku terputus oleh sayatan cepat. Seperti menggunting  tali pada segerumbul balon. Segala sesuatu yang membuatku menjadi diriku sekarang detik itu juga terputus dariku dan melayang ke udara. 
Tapi aku tidak dibiarkan melayang tak tentu arah. Seutas tali baru saja menahan di tempatku berdiri.
Bukan hanya satu tali, melainkan sejuta. Bukan tali, melainkan kabel baja. Sejuta kabel baja mengikatku pada satu hal, pada pusat jagad raya ini.
Aku bisa melihatnya sekarang- bagaimana jagat raya berputar mengelilingi satu titik ini. Tak pernah aku melihat kesimetrisan jagat raya sebelum ini, tapi sekarang semuanya sudah jelas. 
Gravitasi bumi tak lagi menahanku ditempatku berdiri."
-Isi hati Jacob Black, ketika pertama kalinya ia melihat Renesmee dan meng-imprintnya.


Bagian ketiga atau buku ketiga ini kembali kepada sudut pandang Bella. Bagian ini dibuka oleh proses ketika bella berubah menjadi vampir di dalam komanya. Dari situ, aku tau aku nggak bakal mau jadi vampir. Mrs. Meyer menuliskan bagian ini dengan penuh kesakitan fisik yang benar-benar sakit! Oh, Poor you Bells :(  Dan pas dibagian ini, bener-bener beda sama filmnya. Kalo difilm kita sekedar melihat aja, tapi pas kita baca, kita bener-bener bisa ngerasain sakitnya Bella sendiri ketika berubah menjadi vampir. Sekali lagi, it's the power of words! Dan akhir dari bagian ini yang merupakan akhir dari buku ini juga adalah sebuah akhir yang dahsyat, menakjubkan dan mengharukan :') And i love the twist from the end, ketika Edward bisa mengetahui perasaan Bella sesungguhnya, that's sweettt :')

4. The Minus
I think... there's no minuse in this book! i love this book, so much! Terlebih dari ceritanya, dan ending yang teramat sangat tak terduga, The Breaking Dawn novel, it's perfect! oh iya, dibelakang novelnya, Mrs. Meyer nyelipin indeks vampir untuk membantu kita mengetahui tentang vampir-vampir baru yang baru saja muncul di buku ini. Keren!

***

Finally, i will give 4,5 from 5 stars for this book. (Pengennya sih ngasi 5 tapi sesungguhnya kesempurnaan kan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa semata. :') Bolehkan sedikit berkomentar tentang filmnya? okei, menurut aku sendiri filmnya pun ngga kalah bagus ya, walaupun sangat disayangkan banyak part di novel nya yang mesti dihilangkan. Tapi terlepas dari semua itu filmnya yaaaa lumayanlah. Sesungguhnya setiap pembaca novel pasti nggak akan bisa jika ngga membandingkan novel dan filmnya. Padahal itu adalah jelas dua media yang berbeda. :)

Untuk yang udah nonton filmnya dan berniat untuk baca buku ini, just do it! You will really-really looooveeeeeee this! Trust me! :')

Thanks for reading it.
Semoga bermanfaat yaa :)

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah membaca Adriana Dian's Blog dan meninggalkan komentar disini. Silakan tinggalkan link blog lewat pilihan name/URL ya, jadi bisa aku kunjungi balik. Link hidup yang ada pada komentar akan langsung dihapus. Makaciiii❤︎❤︎❤︎